• Minggu, 26 Juni 2022

Drama alam di Puncak Botorono

- Senin, 27 Desember 2021 | 22:29 WIB
Puncak Botorono, destinasi wisata baru yang lagi naik daun(foto Edy Barlianto/sepakbolasemarang)
Puncak Botorono, destinasi wisata baru yang lagi naik daun(foto Edy Barlianto/sepakbolasemarang)

Penulis Edy Barlianto

Ada yang beda dari libur Nataru di tahun ini. Memang tiap liburan akhir tahun kami selalu nyekar ke makam keluarga di Wonosobo.

Sembari berziarah, kali ini kami sekeluarga sempatkan mampir ke Puncak Botorono, satu tempat wisata baru di Kawasan kaki gunung Sumbing yang lagi naik daun.

Berkendara mobil dari Semarang jam 9 pagi. Berhenti di rest area tol Ungaran untuk menikmati kopi dan ke toilet. Keluar pintu tol Bawen dan ambil jalan lingkar Ambarawa.

Setibanya di pertigaan Pringsurat, kami belok ke kanan mengambil jalan tembus arah Temanggung, lalu Parakan dan belok kiri menanjak ke jurusan Wonosobo.

Setelah melewati Pasar Legi Parakan, tak lebih dari 10 menit menempuh jalur berkelok, sebuah gang di sisi kiri jalan menampilkan petunjuk arah cukup mencolok yang memberi kami informasi jalur menuju Puncak Botorono.

Kami telusuri gang beraspal sepanjang 1 km melewati Balai Desa Petarangan, Kecamatan Kledung, Kabuppaten Temanggung. Jalan kecil menembus perkampungan berujung pada lahan parkir. Jam menunjukkan pukul 11.05.

Beberapa pemuda dengan ramah memandu mobil untuk diparkir sembari menjelaskan tarif parkir Rp5.000 ditarik ketika kami hendak pulang.

Ia sekaligus memberi saran bagaimana mencapai Puncak Botorono yang berjarak sekitar 1.500 meter km dari area parkir. Jalannya yang sempit tak cukup dilalui mobil.

Halaman:

Editor: Edy Barlianto

Sumber: sepakbolasemarang

Tags

Terkini

Terpopuler

X